Perbedaan MOSFET N Channel dan P Channel pada Laptop

 

Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor atau yang disingkat dengan MOSFET adalah sebuah perangkat semikonduktor biasa digunakan pada perangkat elektronik. MOSFET sendiri juga inti dalam sebuah IC (Integrated Circuit) biasanya didesain dan difabrikasi menggunakan chip tunggal karena ukurannya sangat kecil.

Elektroda gerbang atau terminal MOSFET merupakan sebuah potong logam yang permukaannya dioksidasi. Lapisan dari proses oksidasi bisa berfungsi sebagai penghambat aliran listrik yang berada di antara terminal gerbang Gate (G) dengan saluran (Source-Drain). MOSFET merupakan salah satu dari jenis kelompok besar FET (Field Effect Transistor) atau transistor efek medan. Jenis transistor ini terminal gate diisolasi dari aliran pembawa arus utama, sehingga menyebabkan jenis FET sering dimasukkan ke dalam kelompok transisi IGFET (Insulated Gate Field Effect Transistor). Resistensi yang muncul antara dua terminal sangat besar sekitar >1K Ohm karena gate terisolasi oleh source

Bentuk fisik pada sebuah MOSFET sendiri berupa transistor. Biasanya MOSFET bekerja dalam menurunkan atau menaikkan sebuah tegangan. Pada MOSFET sendiri terdapat empat kaki atau terminal diantaranya Body (B), Drain (D), Gate (G), dan Source (S). 

Transistor MOSFET sendiri terdiri dari dua jenis yang memiliki perbedaan, berdasarkan jenis channel atau jenis saluran yang terdapat pada source – drain antara lain sebagai berikut :

MOSFET N Channel

Mosfet N channel biasa disebut dengan NMOS. Jenis transistor ini terbuat dari substrat dasar tipe-p berada pada daerah drain dan source yang didifusikan tipe n+ yang daerah channel tersebut bertepatan pada permukaan tipe-n. Umumnya NMOS sering digunakan untuk jenis enhancement NMOS, yang mana pada sebagian besar jenis source NMOS dihubungkan dengan -Vss mengingat struktur dari MOS tersebut hampir tidak memungkinkan untuk dihubungkan dengan +Vdd. Di aplikasi gerbang NMOS sendiri dikombinasi dengan PMOS, resistor, atau NMOS yang lain sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat. Misal sebuah NMOS dengan resistor digabung jadi sebuah

gerbang NOT. 

MOSFET P Channel

Mosfet P channel biasa disebut dengan PMOS. Jenis transistor ini terbuat dari substrat dasar tipe-n berada pada daerah drain dan source yang didifusikan tipe p+ yang daerah channel terbentuk pada sebuah permukaan tipe-p. Umumnya PMOS sering digunakan untuk jenis enhancement PMOS, yang mana pada sebagian besar jenis source PMOS dihubungkan dengan +Vdd mengingat struktur dari MOS tersebut hampir tidak memungkinkan untuk dihubungkan dengan -Vss. Pada gerbang PMOS sendiri dikombinasi dengan NMOS, resistor, atau PMOS yang lain sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat. Misal sebuah PMOS dengan resistor digabung jadi sebuah gerbang NOT.


Beberapa perbedaan dari MOSFET P channel dan N channel sebagai berikut :

Tipe MOSFET N channel, mempunyai sebuah saluran elektron yang berada pada saluran source drain sedangkan tipe MOSFET P channel, memiliki sebuah saluran yang berada pada hole source drain. MOSFET jenis saluran P channel sangat populer dan jauh lebih murah dibanding dengan perangkat saluran jenis N channel. Mosfet N-channel dapat menggantikan P-channel yang hampir usang dikarenakan mobilitas elektron 2.5kali lebih rendah daripada mobilitas elektron. Jadi MOSFET N channel menempati area yang lebih rendah daripada MOSFET P channel padahal MOSFET N channel memiliki peringkat ID yang sama. Pada bidang normal di dalam silikon, mobilitas elektron yaitu 1300cm²/v.sec dengan mobilitas lubang 500cm²/v.sec. 


Demikian penjelasan mengenai perbedaan MOSFET N channel dan P channel pada Laptop, semoga artikel ini dapat membantu anda.  


Komentar