Cara Mengaktifkan USB Debugging Pada Hp Vivo Y9

 Sebelum mengaktifkan USB Debugging, Anda yang akan melakukan ini harus mengetahui beberapa hal mengenai apa itu USB Debugging.

Apa itu USB Debugging? USB Debugging ini hanya bisa ditemukan di perangkat android saja. Biasanya tools ini ditemukan di pengaturan Handphone Anda. So, USB Debugging adalah suatu Tindakan yang dimanfaatkan untuk menelusuri dan mencari adanya kemungkinan cacat (bug) pada pengoperasian sistem android. Prosesnya dapat dilakukan menggunakan kabel USB. Awalnya USB Debugging ini hanya bisa digunakan oleh pihak developer saja, namun karena seiring perkembangan zaman, akhirnya para user android dapat memakainya juga.

Ada beberapa macam manfaat pada penggunaan USB Debugging. Yang mulanya, USB Debugging dipakai untuk menangkap tampilan layer smartphone melalui kabel USB. Secara tidak langsung, USB Debugging ini adalah sarana penghubung antara smartphone dengan computer. USB Debugging ini juga dapat digunakan untuk instal custom recorvery, menginstal custom ROM, melakukan rooting perangkat android tanpa command line serta menginstal aplikasi tertentu lainnya. Dan manfaat yang paling menarik yaitu USB Debugging dapat mendeteksi file tersembunyi pada sistem atau membaca log sistem.

Tetapi dibalik kelebihan atau manfaatnya, pasti terdapat kelemahannya yaitu, sebaiknya tetap hati-hati karena segala hal dapat masuk pada sistem android tanpa adanya filter sama sekali. Hal ini tentu saja dapat mengancam dan membahaykan sistem keamanan dari serangan virus dan yang lainnya.

Sebelum pengaktifan USB Debugging, Langkah awalnya yaitu mengaktifkan salah satu fitur android yang di khususkan untuk para developer yaitu Opsi Pengembang, fitur ini memang diperlukan bagi para developer android, maupun developer android yang ingin mengakses dan mengontrol Android dari PC.

Cara pengaktifan ini, saya gunakan di Handphone Vivo Y93.

 

Simak tata cara mengaktifkan USB Debugging di HP Vivo Y9 dibawah ini :

 

1.      Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Opsi Pengembang. Fitur Opsi Pengembang ini memang tersembunyi secara default dan harus membuatnya menjadi teredia. Simak Cara mengaktifkan Opsi Pengembangnya, sebagai berikut :


a.       Buka pengaturan pada Handphone Vivo Anda,

b.      Lalu pilih dan klik Pengaturan lainnya,




c.       Lalu buka menu tentang ponsel,



d.  Setelah itu, klik beberapa kali pada bagian versi perangkat lunak sampai muncul tulisan dibawah yaitu “Sekarang kamu sudah menjadi pengembang”



 

e.       Dan Opsi Pengembang Anda telah aktif.

Itu di acara mengaktifkan fitur Opsi Pengembang di Handphone Vivo.

Berikutnya yaitu setelah Anda mengaktifkan Opsi Pengembang, di lanjut dengan mengaktifkan USB Debugging pada Handphone Vivo.  


Cara  Mengaktifkan USB Debugging Handphone Vivo


Langkah-langkahnya dapat dilihat dan disimak dengan mengikuti cara dibawah ini :

a.       Buka menu di Handphone Anda dan pilih menu Pengaturan

b.      Lalu pilih dan buka menu Pengaturan Lainnya,

c.      




Selanjutnya pilih dan klik menu Opsi Pengembang,

d.      Setelah itu pilih untuk mengaktifkan Debugging USB,




Boleh diaktifkan atau tidak, hanya opsi, yaitu pilih Aktifkan buka kunci EOM. (Tidak wajib)

f.       Dan USB Debugging Anda berhasil diaktifkan.

g.      Selesai.


Wah, akhirnya USB Debugging sudah aktif di Handphone Vivo Anda, bisa langsung dihubungkan ke PC, nanti akan muncuk notifikasi “Izinkan melakukan Debug USB” silahkan pilih OKE.

Semoga tips yang diberikan ini dapat membantu Anda dalam mengaktifkan USB Debugging di perangkat 

Komentar