10 cara mengisi baterai hp dengan cepat

Cara mengisi baterai HP dengan cepat – Mengisi baterai HP dengan cepat memang sangat diperlukan, apalagi jika kita harus dengan segera menggunakan HP. Jika kapasitas baterai kita cepat penuh pada waktu dicas, kita bisa lebih optimal dalam mengerjakan tugas kita lewat HP.



Cara mengisi beterai dengan cepat untuk HP tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dengan serius agar kita bisa mengisi baterai hp dengan cepat. Teknik dalam mengisi beterai HP juga menentukan seberapa lama usia penggunaan HP.

Berikut hal-hal yang harus dilakukan agar beterai HP dapat terisi dengan cepat pada saat dicas:

1. Matikan HP

Teknik yang paling efetif yang perlu dilakukan agar baterai HP bisa dengan cepat terisi adalah mematikan HP. Dengan mematikan HP, baterai HP bisa terisi dengan cepat karena HP tidak sedang menjalankan sistemnya.


2. Usahakan suhu HP dingin pada saat dicas

Sebelum HP dicas, suhu HP perlu diturunkan agar proses pengisian baterai HP tidak terganggu. Untuk menurunkan suhu HP sebelum dicas, tutup semua aktifitas maupun aplikasi yang sedang berjalan di HP.

Pada saat aktifitas maupun aplikasi pada HP ditutup, proses yang terjadi pada sistem HP berkurang sehingga penggunaan arus listrik pada sistem HP juga berkurang. Hal ini yang menyebabkan suhu HP turun dengan cepat.

3. Gunakan Mode Pesawat

Jika tidak ingin mematikan HP pada saat dicas, terapkan mode pesawat sebelum HP dicas. Dengan menggunakan mode pesawat pada HP, hampir sebagian besar aktivitas pada HP seperti GPS, Wifi, Bluetooth dan beberapa aktivitas HP lainnya dinonaktfkan. Dengan demikian, proses pengisian HP bisa dilakukan dengan cepat.

4. Gunakan Charger Asli

Salah satu penyebab utama mengapa proses pengisian baterai HP bisa sangat lama karena penggunanya tidak menggunakan alat charger yang asli. Alat charger yang disertakan pada saat pembelian HP sudah diatur agar kapasitas tegangan listriknya sesuai dengan spesifikasi HP.

Dampak menggunakan alat charger HP yang tidak asli bukan hanya pada proses pengisian baterai HP yang lama, namun juga berdampak pada usia penggunaan HP. Jika kapasitas tegangan listrik dari alat charger tidak sesuai dengan spesifikasi pada HP, maka HP bisa cepat rusak.

5. Jangan Mengisi Daya di Laptop atau PC

Terkadang, saat lagi bekerja menggunakan HP dan Laptop atau PC, kemudian baterai HP kita sudah berkurang, kita tergiur untuk mengecas HP langsung pada laptop atau PC.

Sayangnya, proses pengisia baterai pada HP akan menjadi sangat lama, karena kapasitas tegangan listrik dari laptop maupun PC bisa saja tidak sesuai dengan spesifikasi HP. Hal ini cukup berbahaya, karena bukan saja berdampak pada proses pengisian baterai HP, tapi bisa berdampak pada usia penggunaan HP.

6. Jangan Gunakan HP saat Mengisi Daya

Saat mengisi daya baterai, HP jangan digunakan. Jika kita memaksa menggunakan HP pada saat mengisi daya, maka ada aktivitas pada sistem HP yang menguras energi. Hal ini yang menyebabkan proses pengisian baterai pada HP berjalan dengan lambat.

7. Nonaktifkan fitur yang tidak perlu

Untuk membantu kelancaran proses pengisian daya baterai HP, matikan fitur-fitur yang tidak perlu seperti Bluetooth, Wifi, GPS maupun fitur lainnya yang menguras energi pada sistem HP.

Selain fitur yang tidak perlu harus dimatikan, aplikasi yang aktif pada latar belakang sistem HP juga harus dimatikan karena dapat menguras energi pada sistem HP secara diam-diam.

8. Gunakan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai adalah fitur bawaan HP yang membantu mengurasi aktivitas pada sistem HP yang dilakukan secara berlebihan. Dengan mode hemat baterai, fitur – fitur yang tidak penting dinonaktifkan. Hal ini dapat menambah kelancaran proses pengisian baterai HP.

9. Jangan pakai powerbank

Penggunaan power bank untuk mengisi daya baterai HP memang tidak terlalu dianjurkan. Hal ini dikarenakan spesifiki tegangan listrik pada setiap power bank bisa berbeda – beda tergantung pada merek power bank tersebut.

Jika spesifikasi tegangan listrik pada power bank tidak sesuai dengan spesifikasi tegangan listrik untuk mengisi daya baterai pada HP, maka proses pengisian baterai pada HP bisa berlangsung lama. Selain itu, dengan menggunakan power bank, usia penggunaan HP bisa menurun.

10. Menggunakan aplikasi charger super cepat pada smartphone

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan proses pengisian daya baterai pada HP. Untuk mendapatkan aplikasi – aplikasi ini, bisa dicari pada Playstore Google dengan kata kunci “Aplikasi Charger Supercepat pada Smartphone”.

Cara kerja dari aplikasi ini sebenarnya mirip dengan fitur bawaan dari HP yaitu mode hemat baterai. Jika kapasitas HP masih cukup memungkinkan, silahkan didownload aplikasi charger supercepat pada smartphone.

Komentar