Tutorial Memperbesar Partisi Hardisk Tanpa Instal Ulang

Asalamualikum para sedulur, semoga pagi ini penuh semangat..



nah kali ini mamase pengen curhat ni beberapa hari yang lalu bahkan berbulan-bulan lalu laptop mamase buanyak problem sebenarnya sih masalahnya simple cuma karna gak tau harus bagaimana. ujung-ujungnya laptop cuma diinstal ulang, padahal kita kan tau ya laptop gak boleh sering-sering diinstal ulang nanti hardisknya cepet rusak, itu sih katanya…..mamse juga kurang tau.
nah di tengah kepusingan saya ( hi hi lebay.com) saya coba utak-atik dan saya tanya mbah google tapi gak juga ketemu-ketemu, mamase coba cari kata-kata “cara memperbesar partisi” yang ada cuma banyak dipaparkan memperbesar/memperkecil partisi disatu partisi saja, sementara kalao dari partisi C misalnya mau dibesarin, padahal partisi C sudah low space gak ada yang maparin, nah diartikel mamase ini mamase coba paparin biar gampang, tapi sebelumnya ikuti dulu kuliahnya mamase ya..

Partisi adalah bagian dari hard disk. Bila Anda memformat hard disk, Anda biasanya dapat memilih jumlah partisi yang anda inginkan. Komputer akan mengenali setiap partisi disk terpisah, dan masing-masing akan muncul di bawah “My Computer” (Windows) atau pada desktop (Macintosh).

Jadi mengapa anda ingin membuat beberapa partisi? Nah, ada dua alasan utama. Salah satunya adalah jika Anda ingin memiliki sistem operasi pada komputer Anda. Biasanya, sebuah sistem operasi harus diinstal pada partisi sendiri sehingga tidak akan konflik dengan sistem operasi lain pada mesin. Alasan lain adalah bahwa beberapa partisi dapat meningkatkan efisiensi hard disk Anda. Pada disk lebih besar, ukuran cluster atau blok (yang merupakan jumlah minimum ruang file yang bisa mengambil), lebih besar dari pada disk kecil. Hal ini dapat mengakibatkan pemborosan ruang disk jika Anda memiliki banyak file kecil. Jadi membuat beberapa partisi benar-benar dapat memberikan ruang lebih banyak. Yap, lebih banyak ruang untuk semua MP3. “Partisi” juga dapat digunakan sebagai kata kerja, yang berarti untuk membuat beberapa partisi.

Nah setelah tau sediki tentang partisi mamase pengen berbagi masalah ne…. partisi yang penuh terutama pada C akan menyebabkan kinerja komputer jadi lelet dan tidak bisa membuka program-program berkapasitas besar, jadi sayangkan kalo ini dibiarin dan biasanya akan muncul disudut kanan bawah pesan ini ni (“low disk Space”) huh menjengkelkan, tapi tenang saja masalah tidak menjadikan kita semakin bodoh kan justru membuat kita semakin kreatif. ya toooooo

memperbesar partisi dapat dilakukan dengan beberapa cara, tapi mamase pengen cara yang simple tanpa harus instal ulang, kalo cuma sekedar membesarkan/memperkecil partisi gampang yang sulit itukalo partisi dari C pengen dibesarin cuman partisi C nya memorinya sudah fullll atao low disk space itu tadi terpaksa deh nyolong dari pertisi D atau E yang masih kosong, nah berikut ini mamase sajikan cara menyolong partisi D biar aman.. he he
kali ini mamase pake sebuah sopware namanya Easus partition Magic minta aja ke mbah google pasti banyak kok
instal dulu ya habis di donlot baru deh jalankan aplikasi
kira2 tampilanya kayak begini ni


Komentar